Home » » wireles mesh

wireles mesh

Written By NEVER GIVE UP on Rabu, 31 Oktober 2018 | Oktober 31, 2018

Wireless Mesh Network products merupakan produk dari sebuah jaringan mobile. Wireless mesh network merupakan jaringan ad hoc yang bergerak dengan memanfaatkan stasiun klien nirkabel yang berupa wireless mobile dan terkoneksi peer to peer ke jaringan. Mesh merupakan cara paling efektif untuk mengoptimalkan jaringan nirkabel ketika node nirkabel dalam posisi mobile dan terkoneksi dalam jaringan sekaligus memonitor semua node lain dalam jaringan. Jaringan mobile peer-to-peer ini merupakan persyaratan konektivitas dari sebuah sistem mesh network dan kombinasi dari wireless mesh network sehingga mampu menyediakan jaringan tanpa kabel yang fleksibel dan andal.
Cara membuat wireless mesh network dapat dilakukan dengan berbagai jenis pilihan setting, yaitu wireless mesh network dengan radio tunggal (single radio), ganda (double radio) dan multi-radio. Meski wireless mesh network designnya berbeda setting, namun sistem dasar kerjanya sama, yakni fokus pada jaringan ad-hoc mobile. Sistem wireless mesh network membantu mengoptimalkan jaringan WiFi. Anggapan bahwa sistem wireless mesh hanya dapat digunakan sementara karena kapasitas bandwithnya yang rendah sebenarnya kurang tepat. Jika direkayasan dan didesain secara efektif wireless mesh network mampu meningkatkan kapasitas dan kualitas layanan jaringan internet nirkabel sesuai kebutuhan.
Agar pemanfaatan sistem ini memenuhi harapan maka hal yang perlu dilakukan adalah memahami kelebihan dari masing-masing metode penyusunan wireless mesh network, serta berusaha meminimalisasi kekurangannya. Dengan demikian, jaringan wireless mesh bisa dimanfaatkan untuk skala besar dan berkualitas.
Kekurangan dan Keuntungan Wireless Mesh Network
Pada dasarnya, sistem wireless mesh network protocols memerlukan Akses Point serta DSL atau ethernet backhaul untuk setiap Akses Pointnya. Jaringan internet nirkabel atau Wireless Fidelity telah menunjukkan perkembangan yang signifikan. Akan tetapi, memerlukan biaya cukup besar untuk perluasan coverage menggunakan wireless mesh networknya. Ini salah satu kekurangan wireless mesh network. Biaya menyediakan T1. DSL dan ethernet backhaul untuk setiap Akses Point cukup mahal.
Meskipun biaya membangun infrastruktur wireless mesh network cukup besar, namun metode ini sangat efektif dan efisien diaplikasikan di daerah perkotaan yang padat dan dipenuhi bangunan tinggi atau di lingkungan kampus yang luas dan banyak rintangan. Inilah salah satu kelebihan wireless mesh network.
Salah satu wireless mesh network topology, yaitu wireless mesh single radio memiliki kelebihan dan kekurangan. Masing-masing node mesh berfungsi sebagai Akses Point dan meneruskan lalu lintas data. Radio yang sama bisa digunakan untuk backhaul sekaligus akses WiFi oleh user sehingga biayanya cukup ekonomis. Namun kekurangannya metode ini menghasilkan traffic yagn tinggi karena setiap kali harus mengulang paket data dari klien lokal di setiap channel untuk dikirim ke satu mesh Akses Point user lainnya.
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. macam software - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger